Jelang HUT, Bupati dan Wakil Bupati Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten Batang di Kaliwungu Kendal

by
Bupati dan Wakil Bupati Batang melakukan tabur bunga di makam Pangeran Adipati Mandurorejo.

Batang – Jelang peringati Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Batang ke-55, Bupati Wihaji bersama Wakil Bupati Suyono melakukan ziarah ke makam Kanjeng Pangeran Adipati Mandurorejo.

Makam Bupati Batang yang pertama tersebut berada di di Dukuh Protowetan, Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Bupati Wihaji mengatakan, ziarah ke makam Kanjeng Pangeran Adipati Mandurorejo, pendiri dan tokoh Kabupaten Batang sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa membangun daerah. Selain itu, juga sebagai tradisi tiap menyambut hari jadi Kabupaten Batang.

“Setelah ziarah di makam Kaliwungu Kendal, selanjutnya ke makam 9 tokoh yang makamnya ada di Astana Pasekaran Batang,” ujar Bupati Wihaji, kemarin.

Bupati Batang yang dimakamkan di Astana Pasekaran sendiri terdiri dari Kanjeng Raden Thoemenggung Soerokadiningrat, (Kanjeng Sedorawuh), Kanjeng Pangeran Ariosoero Adiningrat II, Toemenggung Tjokro Djojo KA.II, Toemenggung Poespo Negoro, Adipati Ario Soerjodiningrat, dan Bupati H Djoko Poernomo.

“Ziarah makam sendiri merupakan salah satu wujud menghargai para leluhurnya agar tidak lupa dengan sejarah kita. Untuk itu, kita senantiasa bersama-sama berziarah ke makam para Auliya di Batang, karena mengingatkan suatu saat kita juga akan menyusul,” terang Wihaji.

Lebih lanjut dijelaskan, Kabupaten Batang yang kini berusia 55 tahun, merupakan pemekaran dari Kabupaten Pekalongan. Pada 8 April 1966 lalu resmi berdiri sendiri menjadi Kabupaten Batang.

“Kita sebagai generasi penerusnya untuk bersama meneruskan perjuangan membangun Kabupaten Batang agar lebih sejahtera dan bermartabat,” tandas Wihaji.

Dalam kesempatan tersebut di serahkan bantuan paket sembako kepada Juru kunci Makam Kanjeng Pangeran Adipati Mandurorejo dan juru Kunci Makam Astana Pasekaran Batang. (don)