Pelaku Usaha Dipacu Bidik Perluasan Pasar Ekspor Baru

by
PELATIHAN - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Kementerian Perdagangan RI menggelar pelatihan pemasaran ekspor.

KOTA – Produk-produk kreatif asli buatan Kota Pekalongan sangat berpeluang besar dan bersaing dengan produk daerah-daerah lain untuk bisa diekspor. Perluasan pasar ekspor saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk perekonomian di Kota Pekalongan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM), Bambang Nurdiyatman, saat membuka kegiatan pelatihan pemasaran ekspor Selasa (30/3/2021). Kegiatan digelar bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Kementerian Perdagangan RI.

Dodik, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan pelatihan pemasaran ekspor ini adalah memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha di Kota Pekalongan mengenai bagaimana tata cara melakukan ekspor secara mandiri dan memperluas pangsa pasar baru hingga ke beberapa negara khususnya negara-negara Eropa.

“Pesertanya adalah para pelaku usaha di Kota Pekalongan yang telah memiliki kemampuan untuk melakukan ekspor produk-produknya. Peluang produk-produk asli buatan Kota Pekalongan ini sangat luar biasa, selama ini kebanyakan dari pelaku usaha masih melakukan ekspor melalui pihak ketiga,”tuturnya.

Menurut Dodik, produk-produk kreatif asli Kota Pekalongan yang saat ini telah diekspor ke sejumlah negara di Asia, Afrika dan Eropa diantaranya produk kerajinan tangan, batik, sektor perikanan, makanan,minuman, dan sebagainya. Lebih lanjut, Dodik menjelaskan,pemasaran digital perlu disosialisasikan secara luas kepada para pelaku usaha, khususnya UKM, sehingga dapat dipahami dan dimanfaatkan secara efektif sebagai upaya menunjang perluasan akses produk Kota Pekalongan ke pasar global. Di era revolusi industri 4.0 ini, lanjut Dodik, segala hal dapat dikendalikan dari segala tempat melalui dalam jaringan (daring).