Dilakukan Pembenahan Tanggul Rob

by
PERCEPAT - DPRD Kabupaten Pekalongan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan banjir yang melanda wilayah Kota Santri belum lama ini

**Untuk Atasi Banjir

KAJEN – DPRD Kabupaten Pekalongan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk penanganan banjir yang melanda wilayah Kota Santri belum lama ini. Sebab pembangunan tanggul rob saat ini masih perlu pembenahan agar bencana tidak terulang kembali.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Sumar Rosul kepada awak media, Selasa (30/3/2021). Kata dia, untuk bantuan pemerintah pusat terutama pembangunan tanggul belum sempurna. Oleh karena itu pihak memohon agar secepatnya disempurnakan dengan mensepurnakan pompa ataupun folder dibeberapa tempat yang direncanakan.

“Penanganan termasuk dengan membuat pintu pintu klaim secara manual dimana ini untuk atau mempercepat air yang berada di longstorage tersebut. Dimana ketika air pasang terjadi bisa secepatnya surut secara alami, akan tetapi ketika air pasang dan tak bisa surut secara alama maka digunakan pompa, ” katanya.

Dikatakan, penanganan selanjutnya dimintakan agar pompa air atau pintu klep manual. Permintaan itu sudah disampaikan BBWS dan itu telah disepakati.

Dengan banjir tersebut diharapkan juga sebagai evaluasi dan intropaksi bersama selaku warga negara yang baik dan juga harus turut serta dalam menyumbang potensi terjadinya rob. Masyarakat juga diharapkan untuk mendisiplinkan diri agar membuang sampah dan merawat saluran air.

“Untuk itu kita sama sama berbenah. Jadi kita harus saling tahu tugas pemerintah apa, dan tugas sebagai warga yang baik itu apa. Ini yang harus kita sadari bersama sehingga kedepan tidak terjadi bencana banjir serupa, ” harapnya.