Pandemi, Wirausaha Pemula Dituntut Kreatif dan Inovatif

by
PELATIHAN - Dindagkop UKM menggelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula.

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) setempat menggelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula di Hotel Dafam, Senin (29/3/2021).

Usai membuka pelatihan, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 kreativitas dan inovasi para pelaku usaha khususnya wirausaha pemula sangat dibutuhkan agar dapat mengikuti perkembangan zaman karena persaingan bisnis semakin ketat.

Ia juga menekankan agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh tidak hanya secara seremonial. “Pelatihan ini harus diikuti dengan baik, karena kuotanya terbatas dan masyarakat yang antusias mengikuti cukup banyak. Sehingga, kalau ada peserta yang terpilih dan tidak serius mengikuti pelatihan, sangat disayangkan. Saya berharap, pelatihan hari ini bisa memberikan semangat dan ilmu baru bagi pengusaha pemula di Kota Pekalongan,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dindagkop UKM, Bambang Nurdiyatman SH. Ia menuturkan bahwa adanya pandemi membuat pola pikir hingga perilaku masyarakat, termasuk pola bisnis berubah. Sebelumnya, transaksi jual-beli dilakukan secara konvensional. Saat ini pola bisnis beralih menjadi online atau yang biasa dikenal dengan digital marketing.

Ditambahkan oleh Dodik, sapaan akrabnya, terkait kriteria peserta pelatihan yakni pengusaha pemula yang baru berwirausaha minimal enam bulan maksimal tiga tahun. Sebanyak 40 peserta berasal dari berbagai macam usaha mulai dari kerajinan (craft), batik hingga aneka makanan.

“Pelatihan dilakukan selama tiga hari yakni mulai 29-31 Maret. Materi yang akan disampaikan meliputi bagaimana membuat rencana bisnis atau business plan termasuk materi pemasaran. Peserta juga akan diberikan motivasi, bagaimana tata cara mengurus perizinan yang dibutuhkan, juga terkait dengan permodalan,” tandasnya.(nul)