Peralihan Musim, Waspadai Cuaca Ekstrem

by
POHON TUMBANG - Musibah pohon yang tumbang dan mengenai pemukiman warga di Kecamatan Bawang, baru-baru ini.

BATANG – Intensitas curah hujan dalam beberapa pekan terakhir mulai menurun secara signifikan, sehingga potensi ancaman banjir pun berkurang. Namun demikian, Badan Penanggalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang meminta masyarakat tetap menjaga kewaspadaan seiring peralihan dari musim hujan ke kemarau, karena ada potensi cuaca ekstrem yang mengancam, khususnya angin kencang.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi SP MM, kemarin. Pihaknya berharap masyarakat tetap waspada, karena potensi angin kencang bisa sewaktu-waktu terjadi. Bahkan, belum lama ini juga sempat ada kejadian pohon tumbang yang mengenai rumah warga di Kecamatan Bawang.

“Ini kan musim perubahan, dari musim penghujan ke kemarau. Salah satu potensinya adalah adanya perubahan cuaca ekstrem. Nah biasanya itu angin, kemarin juga sudah terjadi di Kecamatan Bawang, banyak pohon tumbang. Untuk itu sebagai antisipasi kami aktifkan posko-posko kebencanaan di kecamatan,” jelasnya.

Ditambahkan Ulul, hingga Maret ini pihaknya masih mensiagakan posko bencana di tiap Kecamatan. Hal ini sebagai upaya kesiapsiagaan jika nantinya terjadi bencana di wilayah-wilayah Batang. Selain penjagaan 24 jam, pihaknya juga siapkan peralatan dan juga personil untuk penanganan jika terjadi bencana.

“Kami juga selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti dengan Dinsos, Bagian Kesra, PMI, BAZNAS dan lainnya, saling bantu di lokasi. Kami bisa bantu berupa makanan, logistik, material untuk rehab, dan ada juga bantuan berupa uang, seperti yang diberikan PMI untuk biaya rehab rumah,” pungkasnya. (nov)