E-TLE di Kendal, Dua Kamera Dipasang di Dua Titik Lokasi

by
TERAPKAN - Kabupaten Kendal sudah resmi diberlakukan Elektronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Kamera pemantau dipasang berada di dua titik lokasi.

KENDAL – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menjadi salah satu dari 12 Polda yang sudah diberlakukan penerapan Elektronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Satu diantaranya penerapanya di Kabupaten Kendal yang menjadi wilayah hukum Polres Kendal.

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo mengatakan, ada dua titik lokasi kamera penerapan E-TLE. Yakni di Ketapang dan Cepiring. “Kamera yang diposisikan secara stasioner berada di Ketapang dan Cepiring. Untuk anggota kami juga dilengkapi dengan kamera portable, yang gunanya untuk merekam kejadian maupun pelanggaran dijalan saat melakukan patroli,” katanya, kemarin, saat launching E-TLE dilakukan secara zoom di Gedung aula Polres Kendal.

Dengan penerapan E-TLE, sehingga proses tilang dilakukan secera elektronik dan denda pun akan dikirim melalui surat maupun via pesan (SMS). Petugas tidak lagi melakukan penghentian kendaraan untuk memberikan surat tilang. “Yakni terutama bagi wilayah yang mencakup kamera pengawas E-TLE,” ungkapnya.

Sedangkan untuk petugas patroli yang mengenakan kamera portable dan mendapati pengendara yang melanggar, petugas akan menghampiri kemudian memberitahu jika pengendara melakukan pelanggaran dan akan dikonfirmasi melalui surat tilang yang dikirim ke rumah.

Wakil Bupati Kendal mengatakan, penerapan E-TLE dinilai sangat baik terutama akan membuat pengendara untuk mematuhi peraturan, lantaran denda yang dan bukti pelanggaran sudah jelas terekam oleh kamera. “Dengan penerapan E-TLE, bukti pelanggarapun juga terlihat jadi pelanggar tidak lagi bisa mengelak dan surat tilang juga langsung dikirimkan,” katanya. (lid)