Budidaya Ternak, Warga Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

by
BANGKIT - Di tengah pandemi Covid-19, warga Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, mampu bangkit dari kreterpurukan perekonomian. Yakni memberdayakan di bidang peternakan, budi daya domba.

*Desa Ngareanak Kecamatan Singorojo

KENDAL – Di tengah pandemi Covid-19, warga Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, mampu bangkit dari kreterpurukan perekonomian. Yakni memberdayakan di bidang peternakan, dengan membudidaya domba. Bibit domba diperoleh tanpa mengeluarkan biaya dan peternak akan mendapatkan keuntungan dari hasil mengembangkan hewan tersebut. Budidaya ini sudah dilakukan sejak setahun silam, kini sudah berisi ratusan ekor kambing dan domba berbagai jenis. Peningkatan ekonomi warga itu digagas oleh Nurul Hayat melalui program Ternak Desa Sejahtera (TDS).

Prawoto salah satu warga yang mendapat bantuan bibit domba mengatakan, terbantu dengan program ini. Pasalnya warga bisa mengembangkan ternak domba dan hasil yang didapat bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Tiap warga dapat bantuan 10 ekor kambing atau domba yang bisa dikembangbiakan dan hasilnya akan ditampung oleh Nurul Hayat,” katanya, kemarin.

Program ternak desa sejahtera ini sudah berjalan sejak 2018, dan sudah lebih dari 1.000 ekor kambing dan domba diberikan kepada warga untuk dikembangkan. “Kendal diberikan 100 ekor kambing kepada 10 peternak di Desa Ngareanak Singorojo yang diharapkan bisa dikembangkan lebih banyak lagi,” kata inisiator porogram TDS Nurul Hayat.

Bantuan kambing yang diserahkan kepada peternak sebelumnya ditimbang dan setelah beberapa bulan berkembang akan ditimbang sehingga sisa beratnya akan menjadi laba murni peternak. Kedepan harapannya ingin membangun semangat menjadi peternak bergengsi, bukan gengsi jadi peternak untuk terus hidup di masyarakat terutama daerah pedesaan. Untuk program ini mencakup tiga provinsi yakni Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan sebarannnya di 14 kabupaten.

“Dengan pemberdayaan ini diharapkan tidak hanya virus covid 19 yang bisa menular, tetapi virus kemandirian seperti ini bisa menyebar ke pedesaan dengan adanya program ternak desa sejahtera berdaya,” tukasnya. (lid)