Masjid Boleh Gelar Shalat Tarawih

by
TERAPKAN PROKES - Pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Agung Batang tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

*DMI Minta Takmir Perketat Prokes

BATANG – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang, Saefudin Zuhri mengatakan umat Islam di Kabupaten Batang boleh melaksanakan Shalat Tarawih di masjid selama Bulan Ramadhan 1422 Hijriah. Namun, takmir masjid diminta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Jika pada tahun 2020 lalu, umat Islam dianjurkan beribadah di rumah masing-masing saja, maka tahun ini, ibadah dapat dilakukan di masjid, dengan syarat protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Saefudin, Rabu (24/3/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Disperpuska Batang ini mengakui, terkait aturan lebih lanjut mengenai pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadhan kali ini, pihaknya masih menunggu informasi dari DMI pusat.

“Yang pasti, Shalat Tarawih tetap dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19, hanya saja, situasinya agak berbeda. Di mana ketentuannya, harus menerapkan protokol kesehatan ekstra ketat, seperti menggunakan masker, membawa alas shalat masing-masing dan lain sebagainya,” katanya.

Saefudin pun meminta setiap khatib pada saat pelaksananaan Shalat Tarawih nanti selalu menyampaikan pada umat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah. “Jangan takut, vaksinasi tidak membatalkan puasa. Itu sikap kami,” ujarnya.

Zuhri juga meminta agar para kiai, ulama serta habaib mendoakan bangsa Indonesia agar segera terlepas dari pandemi. “Terkait awal ramadhan, kami juga masih menunggu pengumuman dari pemerintah,” tukasnya.