Polisi Pasang Kamera di Tiga Titik

by
KETERANGAN - Kasat lantas Polres Pekalongan AKP Pipit Witianingsih tengah memberikan keterangan usai peluncuran E- Tilang.

**E-Tilang Dilaksanakan Secara Serentak

KAJEN – Selasa (22/03), Tilang Elekronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai dilaksanakan di jajaran kepolisian wilayah Jawa Tengah. Penerapan secara serentak mulai diluncurkan di Aula Mapolres Pekalongan secara daring.

Guna mendukung ETLE, Polres Pekalongan, telah menyiapkan sejumlah perlengkapan dalam menerapkan ETLE. Di antaranya memasang kamera CCTV di tiga titik wilayah hukumnya yakni traffic light Sipait, depan BRI Wiradesa, dan sekitar jembatan Pencongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Darno melalui Kasatlantas AKP Pipit Witianingsih usai lauching ETLE di Mapolres menyatakan dalam mendukung pelaksanaan ETLE ini baru di tiga titik CCTV. Untuk itu kedepan rencananya akan menambah kamera kembali di tiga titik.

Dikatakan, sebelumnya Satlantas Polres Pekalongan telah menyosialisasikan kepada pengguna jalan terkait akan diberlakukannya sistem tilang elektronik sehingga saat diberlakuan bisa memahami kebijakan sistem tilang seperti itu.

“Adapun tujuan tilang elektronik yakni meningkatkan kedisiplinan serta ketaatan para pengguna jalan selama berkendaraan dan meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas.”

Dalam hal ini, meski tidak diawasi langsung oleh petugas lalu lintas, namun para pengendara supaya tetap mematuhi seua aturan yang ada. Selain menempatkan kamera CCTV di tiga titik, dalam pelaksanaan sistem ETLE anggota juga akan berkeliling dengan menggunakan helm yang sudah dipasang Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek). Bila menemukan pelanggar lalu lintas, anggota tidak menilang ditempat tapi cukup mengarahkan CCTV ke kendaraan pelanggar.