Tilang Elektrnok Berlaku, 5 Jenis Pelanggaran Disasar

by
PENJELASAN - Kasat Lantas Polres Batang, AKP Adis Dani Garta, saat menjelaskan tentang mekanisme tilang elektronik, kemarin.

BATANG – Satuan Lalu Lintas Polres Batang mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap pertama di wilayahnya per 23 Maret 2021 kemarin.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Batang, AKP Adis Dani Garta SIK MH mengatakan, bahwa pihaknya telah menetapkan satu titik potensial untuk dipasang kamera pengawas agar bisa memantau pengguna jalan.

“Untuk tahap pertama ini, kami baru bisa menyiapkan satu titik lokasi untuk penempatan kamera ETLE, yakni di simpang empat Jalan Jendral Soedirman,” terang AKP Adis Dani Garta, Selasa (23/3/2021).

Dikatakan Adis, kamera pengawas ini sudah dilengkapi dengan sensor rotasi, sehingga bisa berputar 360 derajat. Selain itu, kamera ETLE ini juga dilengkapi dengan flash atau kilat.

“Jadi kamera ini bisa menembus kaca mobil dengan tingkat kegelapan kaca film 80 persen, baik pada siang maupun malam hari,” beber AKP Adis.

Adapun, disebutkan Adis, terdapat lima jenis pelanggaran lalu lintas yang dapat tertangkap kamera ETLE di simpang empat Jalan Jendral Soedirman.