Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Kota Pekalongan

by
TILANG ELEKTRONIK - Polres Pekalongan Kota bersama perwakilan forkopimda Kota Pekalongan saat launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Tahap I atau tilang elektronik melalui zoom meeting di aula mapolres setempat, Selasa (23/3/2021).

KOTA – Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik mulai diterapkan secara nasional sejak Senin (23/3/2021), termasuk di Kota Pekalongan yang masuk dalam wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto bahwa sistem kerja dari ETLE atau tilang elektronik ini berawal dari kamera ETLE akan menangkap gambar kendaraan yang melanggar arus lalu lintas. Kamera tersebut akan mengidentifikasi secara otomatis jenis kendaraan dan pelanggaran yang dilakukan pengendara.

Dijelaskannya, kamera yang dipasang di helm petugas adalah kamera portabel penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek). Kopek diluncurkan oleh Ditlantas Polda Jateng untuk menjabarkan program prioritas Kapolri yang salah satunya adalah perluasan penerapan ETLE dan penilangan yang sesuai prosedur.

“Hari ini kita menindaklanjuti dari program prioritas Kapolri, dan hari ini juga secara nasional beberapa provinsi sudah siap terkait dengan tilang elektronik,” kata Kapolres, usai acara zoom meeting launching ETLE Nasional Tahap I di aula mapolres setempat, Selasa (23/3/2021).

Menurut Kapolres, Polda Jawa Tengah khususnya Polres Pekalongan Kota juga terus menyiapkan diri dalam pelaksanaan tilang elektronik ini. Pihaknya memprioritaskan untuk sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu. “Sebab, kita tidak hanya melakukan penindakan tetapi bagaimana menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas melalui tilang elektronik ini,” tandasnya.