Radar Batang

1.457 PPDP Lakukan Pencoklitan Data Pemilih

PPDP

COKLIT – Bupati Batang menerima form pemilihan dari petugas PPDP, yang artinya berhak mengikuti pencoblosan.
DONY WIDYO

BATANG – Sebanyak 1.457 Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dikerahkan oleh Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang untuk pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak 2018. Mereka akan mulai melakukan pencoklitan mulai 20 Januari 2018 hingga 18 Februari 2018 mendatang.

Sebelum mulai bekerja, PPDP beserta Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) beserta komisioner menggelar apel serentak yang diadakan di tiap kecamatan. “Kita menerjunkan 1.457 petugas coklit untuk melakukan pemutahiran data pemilih guna menghadapi Pemilihan Gubernur (Pigub) yang akan digelar pada 2018 mendatang,” ujar Ketua KPU Batang, Adi Pranoto, Sabtu (20/1).

Pada hari pertama pencoklitan, lima orang komisioner KPU Batang terjun langsung mendampingi PPDP untuk melakukan coklit terhadap Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, tokoh masyarakat maupun tokoh agama.

Tim dari KPU Batang tiba di rumah dinas sekitar pukul 10.00 Wib dan diterima langsung oleh Bupati Wihaji. Tim sempat berbincang dengan Bupati. Sembari berbincang santai, tim KPU melakukan pencocokan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan nomor yang tertera di Kartu Keluarga (KK).

Setelah itu, Bupati menerima form pemilihan dari KPU yang artinya berhak mengikuti pencoblosan. Tidak ketinggalan, rumah dinas juga ditempeli stiker sebagai tanda bahwa rumah tersebut sudah dicoklit.

Ketua KPU Batang, Adi Pranoto pada Sabtu kemarin ikut mendampingi PPDP melakukan coklit di rumah Dinas Bupati Batang, H Wihaji. Selain itu, juga ikut mendampingi Ketua Panwaslu Kabupaten Batang, Ahmad Suharto, anggota PPK dan PPS. “Untuk Bupati Batang beserta istri tercatat sebagai pemilih baru di Kabupaten Batang, dan pada Pilgub mendatang beliau akan menggunakan hak suaranya di TPS 03 Kelurahan Kauman, Kecamatan Batang,” katanya.

Adi menjelaskan, nantinya setiap PPDP akan melakukan pencoklitan minimal di 100 rumah warga. Diharapkan seluruh warga Kabupaten Batang yang sudah mempunyai hak pilih bisa terdata, sehingga nantinya bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilgub mendatang. “Kita telah menginstruksikan kepada PPDP agar bisa bekerja seoptimal dan sedetail mungkin dalam melakukan coklit, sehingga tidak ada warga yang terlewatkan. Dengan begitu, diharapkan nantinya semua warga yang sudah mempunyai hak pilih bisa terdaftar sebagai pemilih pada Pilgub,” jelasnya.

Bupati Batang, H Wihaji berharap agar dengan adanya kegiatan coklit yang dilakukan oleh KPU, maka seluruh warga Kabupaten Batang yang sudah memiliki hak pilih bisa terdaftar sebagai pemilih. Mengingat hal itu merupaka hak setiap warha negara untuk dipilih dan memilih.

“Pilgub mendatang merupakan pesta demokrasi bagi seluruh warga Jawa Tengah dalam memilih pemimpinnya. Karena itu, kami berharap seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih bisa terdaftar sebagai pemilih agar bisa menggunakan hak pilihnya, dan tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya,” tandas Bupati. (don)

Penulis & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments