E-Tilang Diberlakukan 23 Maret

by
E- TILANG - Satlantas Polres Pekalongan mulai 23 Maret 2021 mendatang bakal memberlakukan E-Tilang

KAJEN – Satlantas Polres Pekalongan bakal memberlakukan Tilang Elektronik (E-Tilang) tanggal 23 Maret 2021. Peluncuran E-Tilang bakal dilaksanakan secara serentak di tingkat Polda Jawa Tengah. Untuk itu bagi masyarakat pengguna kendaraan agar lebih mengutamakan disiplin berlalulintas. Hal itu dibenarkan Kapolres Pekalongan AKBP Darno melalui Kasat lantas AKP Pipit Witianingsih ketika dihubungi, Radar, Selasa (16/03/2021).

Ia menyampaikan bahwa kebijakan sistem Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE), tengah dipersiapkan di Kabupaten Pekalongan. Adapun target titiknya sendiri difokuskan pada tiga titik, yakni simpang Gumawang, pertigaan depan Kecamatan Wiradesa dan persimpangan Podo, Kedungwuni.

“Itu model automatic yang nanti akan me-snapshot pelanggaran seperti tidak memakai helm, tidak pakai safety belt atau melanggar kecepatan dan melanggar marka dan lain-lainnya,” terangnya.

Selain melalui kamera di traffic light, pantauan juga dilakukan pada kamera di kendaraan petugas. Guna mendukung pelaksanaan ETLE, Satlantas Polres Pekalongan memasang kamera portabel penindakan pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek).

Kopek merupakan perangkat kamera portabel yang dipasang di kendaraan patroli lalulintas, baik itu mobil maupun di helm yang dipakai personel saat melaksanakan patroli.

“Kopek sebagai alat perekam dan identifikasi pelanggaran lalu lintas,”jelasnya.