Metro Pekalongan

Gerakan Serentak, 2.760 Rumah Sukses Dicoklit

Coklit

COKLIT – PPDP didampingi ketua dan komisioner KPU serta PPK, saat melakukan coklit di kediaman Ketua DPRD Kota Peklongan, Balgis Diab, Sabtu (20/1).
M. AINUL ATHO’

KOTA PEKALONGAN – KPU Kota Pekalongan bersama jajaran penyelenggara lainnya, ikut dalam Gerakan Coklit Serentak yang digelar Sabtu (20/1).

Dalam sehari, Petuga Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang didampingi komisioner KPU, PPK dan PPS berhasil merampungkan coklit terhadap 2.760 rumah di Kota Pekalongan. Termasuk coklit terhadap 20 tokoh masyarakat mulai dari Walikota Pekalongan, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Gerakan coklit serentak oleh KPU Kota Pekalongan, diawali dengan apel bersama seluruh petugas PPDP, PPK dan PPS. Kemudian coklit pertama dilakukan di kediaman Wakil Ketua DPRD, Ismet Inonu di Kelurahan Medono oleh PPDP didampingi komisioner KPU. Selanjutnya, coklit dilakukan di kediaman Ketua DPRD, Balgis Diab dan siang harinya dilakukan di rumah dinas Walikota Pekalongan.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Basir mengatakan, dalam hari pertama coklit yang sekaligus dilakukan Gerakan Coklit Serentak, ada sebanyak 2.760 rumah yang dicoklit. Setelah itu, petugas PPDP akan melanjutkan tugasnya dengan melakukan coklit di seluruh rumah yang sudah masuk dalam data yakni sebanyak 228.459.

“Dalam gerakan coklit serentak, seluruh komisioner KPU terjun langsung mendampingi PPDP. Mohon maaf, kami hanya turun mendampingi coklit di 20 tokoh masyarakat. Setelah ini coklit akan dilanjutkan oleh PPDP didampingi PPK dan PPS di semua rumah yang sudah masuk data,” tutur Basir.

Dengan gerakan coklit serentak, Basir berharap menjadi ajang sosialisasi dimulainya proses tahapan mutarlih. Ia berpesan kepada masyarakat agar dapat menerima petugas yang datang dan membantu dengan memberikan data yang valid kepada petugas. Untuk melakukan mutarlih ada sebanyak 552 PPDP yang diterjunkan. Mereka bertugas di masing-masing TPS di setiap wilayah.

Dalam coklit serentak, masing-masing PPDP melakukan coklit minimal terhadap lima rumah. Coklit serentak dilakukan bersama di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah semua berjalan baik. Kami berterima kasih kepada semua pihak, tokoh masyarakat yang sudah membantu dan juga Panwaslu yang sudah turut mendampingi kegiatan tersebut,” ucapnya.

Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap, pemutakhiran data pemilih bisa dilakukan dengan akurat dan sesuai data yang ada, sehingga tidak menimbulkan data ganda maupun data yang tidak valid. Dengan begitu, ia juga berharap dapat terwujud pemilu yang demokratis, adil dan berintegritas. “Kepada masyarakat, karena ini kegiatan yang sangat penting maka saya harap bisa membantu petugas dengan memberikan data yang valid agar data pemilih bisa benar-benar akurat,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD, Ismet Inonu juga memberikan pesan serupa. Menurutnya, coklit bukan merupakan hal yang sulit. “Kita tinggal menjawab pertanyaan sesuai data. Apakah benar atau tidak. Sehingga kami harap masyarakat dapat turut serta membangu kegiatan ini dengan maksimal,” pesannya.

Ketua Panwas Pemilihan Kota Pekalongan, Sugiharto yang mendampingi dalam gerakan coklit serntak juga berpesan agar masyarakat dapat bersama-sama melakukan pengawasan terhadap tahapan tersebut.
“Tahapan ini termasuk yang terpenting karena disana, kunci kedaulatan dan hak konstitusional rakyat berada,” kata Sugiharto.

Ia berpesan, jika menemukan ketidaksesuaian data masyarakat dapat melapor kepada petugas coklit. Juga jika ditemui laporan dugaan pelanggaran, bisa dilaporkan kepada Panwas atau petugas pemilu terdekat. “Mari bersama awasi coklit,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments