Laku di Luar Negeri, Furniture Perajin Kendal Kurang Diminati di Pasar Domestik

by
MELIHAT - Didampingi Plt Disdag Alfebian Yulando, Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal Chacha Frederica melihat-lihat produk UMKM dan hasil karya seni lukis di pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kendal.

*Chacha Ingin Populerkan Kerajinan ke Sesama Artis

KENDAL – Para pengrajin di Kabupaten Kendal memiliki potensi yang luar biasa karena bisa menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas terutama dibidang furniture. Bahkan produknya laku di luar negeri atau pasar Internasional. Namun kurang diminati di pasar domestik atau dalam negeri sendiri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal Chacha Frederica menyampaikannya usai Rapat Kerja Dekranasda tahun 2021 secara virtual serta acara pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kendal, yang digelar di ruang rapat Abdi Praja, kemarin.

Chacha mengatakan, furniture hasil tangan dingin para perajin Kendal pada dasarnya bisa berkompetisi dengan furniture lainnya karena setiap tahunnya sudah ada pengiriman keluar negeri.

“Saya sekaget itu, ternyata Kendal punya produk furniture yang bisa berkompetisi dengan furniture lainnya karena marketnya sudah laku dan setiap tahun ada pengiriman ke Australia. Ini luar biasa,” katanya.

Menurut Chacha, namun ada permasalahan yang harus dipecahkan karena para pengrajin banyak mengeluhkan kesulitan dalam memasarkan produknya di dalam negeri. Untuk itu akan berusaha ikut mempromosikan produk-produk buatan pengrajin Kendal, supaya dikenal luas di negerinya sendiri.