Tiga Drainase Harus Dinormalisasi

by
BANJIR - Banjir wilayah Pesisir Kota Santri beberapa pekan terakhir mulai meluas ke Desa Pacar Kecamatan Tirto.

**Agar Banjir di Tirto tak Meluas

KAJEN – Banjir wilayah Pesisir Kota Santri beberapa pekan terakhir sudah meluas ke Desa Pacar Kecamatan Tirto. Untuk penanganan diperlukan nomalisasi drainase di area sekitar.

Sekadar untuk diketahui, banjir yang terjadi beberapa hari lalu sudah melebar dari depan kantor Kecamatan Tirto dan SMP N 1 Tirto hingga pertigaan yang menuju ke arah perumahan Tanjung, Tirto.

Bahkan banjir terbilang parah terjadi di terowongan rel kereta api. Di terowongan tersebut, tidak ada hujan saja jalan tergenang air setinggi lebih kurang 5- 10 centimeter. Apalagi saat hujan, genangan airnya semakin tinggi mencapai 50 centimeter. Karenanya, warga setempat terpaksa menutup jalan itu dengan bambu agar tidak dilewati pengendara, khususnya roda empat lebih.

Atas kondisi itu, anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari daerah pemilihan Kecamatan Tirto, Mirza Kholik besama sejumlah perangkat kecamatan setempat dan dinas terkait menggelar rapat koordinasi membahas banjir di wilayah Tirto.

Dalam rapat tersebut, ia mengusulkan adanya normalisasi dengan melakukan pengerukan di sejumlah gorong-gorong yang ada di desa setempat. Ada tiga gorong-gorong yang perlu dikerjakan oleh DPU Taru dan dinas terkait yakni drainase di bawah pos polisi Pacar dan di depan bekas kantor kawedanan. Kemudian yang paling utama yakni pengerukan lumpur di saluran bawah rel kereta api yang sudah puluhan tak tak dilakukan.