Kecamatan Batang dan Limpung Belum Diizinkan PTM

by
TATAP MUKA - SMPN 4 Bawang saat melaksanakan tatap muka pada Juli 2020.

*Masih Zona Merah Covid-19

BATANG – Pemkab Batang sudah memberikan izin terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Rencananya, PTM baru akan dilaksanakan terhitung mulai Selasa, 9 Maret 2021 atau besok.

Namun demikian, sejauh ini ada dua kecamatan yang belum diizinkan menyelenggarakan PTM, yakni Kecamatan Batang dan Limpung. Penyebabnya, kedua masih masuk kategori memiliki risiko tinggi penularan Covid-19 alias zona merah.

“Sebenarnya secara kesiapan, semua sekolah terbilang sudah siap. Hanya saja memang ada ketentuan berdasarkan zonasi. Khusus Kecamatan Batang dan Limpung belum kami perbolehkan lantaran masih zona merah. Di luar kecamatan itu diperbolehkan tatap muka, asal di lingkungan sekolah tidak zona merah,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud Batang), Sabar Mulyono.

Dijelaskan, di luar Kecamatan Batang dan Limpung, SD diperbolehkan untuk menggelar PTM jika desa di lokasi SD berada tidak masuk zona merah. Sementara jika untuk SMP, desa harus berstatus di luar zona merah. Lalu untuk siswa SMP yang berasal dari zona merah, tidak diperkenankan untuk mengikuti PTM, namun dilayani dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sumanto menjelaskan, meski direncanakan bakal dilakukan hari ini, PTM baru akan digelar pada Selasa 9 Maret. Sementara untuk hari ini pihaknya masih memantapkan sekolah dan pihak terkait untuk menyiapkan sarpras dan pendisiplinan prokes di sekolah.

“Untuk persiapan kami sudah pantau bekerja sama dengan pengawas sekolah. Tentunya kami harap program PTM ini bisa berjalan lancar, sehingga anak bisa mendapatkan layanan pendidikan yang lebih efektif, dan bisa meminimalisir penyebaran Covid-19,” harapnya. (nov)