Pilkada Kalah, Gus Alam Tetap Optimis

by
PIMPIN - Di pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PKB Kabupaten Kendal, KH Ali Nurudin dan Muhammad Makmun kembali pimpin PKB Kendal sebagai Ketua Dewan Syuro dan Ketua Tanfidz periode 2021-2026.

*PKB Semakin Solid di Kendal
*Punya Struktur Mesin Partai Hingga Tingkat RT
*Jadi Modal Penting Pengurus PKB 2021-2026

KENDAL – Meski kemenangan belum berpihak pada calon yang diusung PKB di Pilkada Kendal tahun 2020, namun partai politik pemenang pada Pileg 2019 ini mendapatkan banyak tambahan kekuatan. “Dari momen Pilkada 2020 telah terbentuk struktur mesin PKB hingga ke tingkat RT. Ini jadi aset yang sangat penting untuk membesarkan PKB di masa mendatang,” kata Alamudin Dimyati Rois, anggota DPR RI dari Fraksi PKB, saat menghadiri Musyawarah Cabang DPC PKB, Sabtu (6/3/2021), di gedung DPC PKB Kendal, dengan agenda antara lain memilih kepengurusan baru. “Kita harus berterima kasih kepada Pak Ustad Ali Nurudin, karena berkat beliau maju di Pilkada kemarin, saat ini kita punya mesin kader hingga ke tingkat RT,” ungkapnya kepada para pengurus DPC PKB yang baru saja ditetapkan melalui sidang pleno Muscab.

Meskipun kalah pada perhelatan Pilkada 2020, lanjutnya, pihaknya optimistis PKB akan semakin solid di Kendal. Ia mengapresiasi kepengurusan yang kemarin, bisa memenangi Pileg 2019. “Tahun kemarin kita belum menang di Pilkada. Maka PR bagi pengurus yang sekarang, harus bisa meningkatkan lagi. Apalagi sudah ada mesin yang solid tadi,” imbuh Gus Alam, putra Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Dimyati Rois itu.

Musyawarah Cabang DPC PKB Kendal dibuka melalui video conference bersamaan dengan kabupaten dan kota se Jawa Tengah dan DIY oleh Ketua DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar. Berbeda dari Muscab sebelumnya, kata pria yang akrab disapa Gus AMI, kali ini membawi misi penataan dan penyeragaman periodisasi kepengurusan di seluruh DPC se tanah air.

Untuk DPC PKB Kendal sendiri sebenarnya masa jabatan yang dimulai tahun 2018, berlangsung hingga tahun 2023. Namun dengan Muscab ke-6 ini, periodisasi kepengurusan DPC terpilih dengan masa bakti 2021-2026. Rapat pleno yang dipimpin pengurus DPW mewakili DPP PKB dan diikuti seluruh pengurus di tingkat kecamatan di kabupaten Kendal, secara aklamasi kembali menetapkan KH Ali Nurudin sebagai Ketua Dewan Syuro dan Muhammad Makmun sebahai Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB 2021-2026. “PKB siap berekspansi di Kabupaten Kendal. Kami menargetkan perolehan kursi di DPRD dari 10 menjadi 15 kursi pada Pemilu 2024. Selain itu, bisa memenangkan Pilkada mendatang,” kata Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun.

Untuk mencapai target tersebut, sambungnya, DPC PKB akan mengonsolidasi seluruh kekuatan partai agar semakin solid. Selain itu meningkatkan hubungan yang baik dengan pengurus Nahdlatul Ulama di semua tingkatan, yang secara kultur dan historis memiliki hubungan dengan PKB.

Pembukaan Musyawarah Cabang dihadiri pengurus DPC PKB dan DPAC di semua kecamatan. Turut hadir bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Rois Syuriah PC NU, dan ketua parpol di kabupaten Kendal. Acara kemudian dilanjutkan sidang pleno untuk penyampaian pertanggungjawaban pengurus sebelumnya dan penetapan pengurus DPC. (lid)