Bupati Salat Jumat Keliling

by
SILATURAHMI - Bupati Kendal Dico M Ganinduto melakukan kegiatan silaturahmi dengan para ulama di Pondok Pesantren Al Musthofa di Desa Pandes, Kecamatan Cepiring.

*Jalin Hubungan Erat Bupati-Warga
*Bupati Kendal Dico Siap Mengagendakannya

KENDAL – Bupati Kendal Dico M Ganinduto melakukan kegiatan silaturahmi dengan para ulama di Pondok Pesantren Al Musthofa di Desa Pandes, Kecamatan Cepiring, belum lama ini. Berbagai masukan mencuat di acara silaturahmi tersebut. Diantaranya adalah agar bupati mengagendakan program salat Jumat keliling di tiap kecamatan. Karena hal itu dapat menjalin hubungan erat bupati dengan warganya.

Masukan itu dilontarkan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kendal, KH Asroie Tohir. Menurutnya, tujuan utamanya untuk menyapa masyarakat, sehingga bisa terjalin hubungan yang erat antara bupati dengan warga. Selain itu, bisa juga sebagai sarana untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat yang bisa diadakan usai sholat Jumat.

“Sebelum khotbah, Bupati bisa mengisi waktu sekitar lima menit, dan jika takmir masjid mengizinkan, setelah shalat Jumat bisa diisi dialog dengan jamaah,” katanya.

Asroie mengungkapkan, bahwa para kiai merupakan bagian dari masyarakat Kendal. Untuk itu bupati sampai aparat desa harus bisa berkomunikasi dengan para kiai untuk memberikan masukan supaya Kendal lebih baik. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka miskomunikasi bisa dihindari. Masyarakat juga bisa menyampaikan informasi apapun, tetapi harus disampaikan cara yang santun dengan data yang akurat, tidak asal tanpa. “Ayo kita berkomunikasi bareng-bareng, yang penting Kendal ke depan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Menanggapi masukan itu, Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan, program salat Jumat Keliling di tiap-tiap kecamatan sangat baik, karena bisa dijadikan sarana untuk bertemu dan menyerap masukan dari masyarakat. Untuk itu bupati siap mengagendakan kegiatan salat Jumat Keliling di tiap-tiap kecamatan.