Banyak Drainase Tersumbat Sampah

by
BERSIHKAN SAMPAH - Petugas dari Bidang SDA DPUPR saat membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air di Jalan KH Ahmad Dahlan, Tirto, Pekalongan Barat, Kamis (4/3/2021).

**DPUPR Kerahkan Petugas Kebersihan

KOTA – Pascabanjir tinggi yang melanda Kota Pekalongan belum lama ini, banyak saluran air yang mestinya berfungsi mengalirkan air justru banyak tersumbat sampah. Sampah-sampah tersebut menyumbat drainase sehingga aliran air tidak lancar dan memperparah genangan banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Khaerudin mengatakan, pihaknya tiap hari harus mengerahkan sejumlah petugas berikut armada berupa dump truk untuk membersihkan dan mengangkut sampah-sampah itu.

“Bidang SDA DPUPR telah menyiagakan beberapa tenaga kru dump truk dan kru viar yang tiap hari berkeliling ke titik-titik yang terdapat tumpukan sampah yang menyumbat saluran yang sudah dipasang kisi-kisi penahan sampah,” ungkapnya, Kamis (4/3/2021).

Lokasi yang sering terdapat tumpukan sampah hingga menyumbat saluran drainase antara lain di Saluran Seruni ke timur menuju Kalibanger, di Saluran depan SD Poncol 2, dan di hilirnya di Saluran Klego yang menuju Saluran Pompa Klego yang berada di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur. Di lokasi-lokasi tersebut menurutnya sudah rutin dibersihkan namun sampah selalu numpuk.

Sementara untuk di wilayah Pekalongan Barat dan Selatan sisi timur Saluran Larangan yang berada di Jalan Hos Cokroaminoto posisinya di dekat Pom Bensin Kuripan yang hulunya berasal dari Warungasem juga dipasang kisi-kisi penahan sampah.