HARGA CABAI MAKIN “PEDAS”

by
TEMBUS 100 RIBU/KG: Harga cabe setan di pasar sudah tembus Rp 100 ribu/kg.

**Cabe Setan Rp 100 Ribu/Kg
**90% Petani Cabe Gagal Panen

KAJEN – Emak-emak, bakul pecel, dan bakul warung makan mengeluhkan kenaikan harga cabe menjelang bulan Ramadan 2021. Harga cabe setan kian pedas. Satu kilo cabe setan Rp 100 ribu. Hampir sama dengan harga sekilo daging sapi. Bahkan harga cabe lebih mahal dari satu ekor ayam potong.

“Harga cabe lebih mahal dari harga daging ayam. Kemarin beli satu ekor ayam potong Rp 50 ribu. Lha harga cabe seperempat saja sudah Rp 27 ribu,” keluh Apriyani (30), warga Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar.

Sikom (35), pedagang warung makan di Kajen, mengaku keberatan dengan harga cabe dan bumbu dapur yang kian tinggi. Padahal, kata dia, pengunjung warung makan pasti ingin sambel.

“Makan gorengan pasti minta cabe. Makan pun harus dengan sambel. Cabenya kan ndak diitung kalau makan di warung,” keluh dia.

Dewi, pedagang sayur di Pasar Induk Kajen, kemarin, mengatakan, lonjakan harga saat ini terjadi pada produk bawang merah dan cabe setan. Harga bawang merah naik dari Rp 24 ribu/kg menjadi Rp 32 ribu – Rp 34 ribu/kg. Untuk harga cabe setan naik dari Rp 80 ribu perkilo menjadi Rp 100 ribu perkilo.