Pandemi, Syarat Lulus SD/SMP Semakin Mudah

by
PENJELASAN - Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq, usai memberikan penjelasan soal peniadaan UN SD/SMP tahun ini.

*Tahun Ini UN Ditiadakan

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang memastikan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) bagi satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di bawahnya ditiadakan pada tahun 2021 ini.

“Ya, bagi siswa yang kini duduk di kelas 6 SD/sederajat, dan kelas 9 SMP/sederajat, tahun ini tidak ada UN 2021. Hal itu berkaitan dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang masih terus mencatatkan kasus penularan,” ujar Kepala Disdikbud Kabupaten Batang, Achmad Taufiq, Senin (2/3/2021).

Ia yang didampingi Sekretaris Disdikbud Batang, Sabar Mulyono mengungkapkan bahwa peniadaan UN 2021 itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

“SE Mendikbud Nadiem Makarim itu terbit pada 1 Februari 2021. Surat edaran tersebut menyebutkan, Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan begitu, UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” terangnya.

Dijelaskan Taufiq, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.