Bangkai Ikan dan Kualitas Air Sungai akan Diuji

by
AMBIL SAMPEL - Petugas Dislutkan Kabupaten Pekalongan mengambil sampel bangkai ikan untuk diuji laboratorium.

**Dugaan Sementara Ikan Mati Karena Sungai Tercemar

TIRTO – Paska temuan ribuan ikan air tawar mati di Sungai Sengkarang di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, petugas dari Kantor Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jawa Tengah mengambil sampel air sungai untuk diuji laboratorium, Selasa (2/3/2021).

Kabid Pencegahan dan Pengawasan Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan, Pratomo, pihaknya sudah meninjau lokasi bersama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pekalongan, kemarin pagi.

“Siang harinya kita juga mendampingi tim LH Provinsi Jawa Tengah ke lokasi, sekalian ambil sampel airnya untuk dibawa ke lab provinsi,” terang Pratomo.

Disinggung apakah ikan-ikan itu mati karena air sungai tercemar limbah batik dan jinswash, ia mengatakan dugaan sementara memang seperti itu. Namun untuk kepastiannya, masih menunggu hasil uji lab dari sampel air yang sudah diambil tim LH provinsi.

Ditambahkan, di sekitar sungai itu terdapat 1 usaha jinswash dan 1 industri menengah besar. Untuk industri batik, kata dia, tidak mengalir ke arah sungai tersebut. Sementara itu, petugas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan juga mengambil sampel bangkai ikan.

Tardi, selaku Penyuluh Perikanan Dinlutkan Kabupaten Pekalongan mengatakan, pihaknya akan menguji sampel itu.