Metro Pekalongan

Hari Ini, KPU Coklit 20 Tokoh Masyarakat

Gerakan Coklit Serentak

KPU Kota Pekalongan bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), hari ini akan mulai melakukan kegiatan Gerakan Coklit Serentak terhadap daftar pemilih dalam Pilgub 2018. Sebagai awal, lima komisioner KPU akan terjun langsung mendampingi PPDP untuk melakukan coklit kepada 20 tokoh masyarakat di Kota Pekalongan.

Ke 20 tokoh masyarakat yang akan dicoklit diantaranya, Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, dua Wakil Ketua DPRD, Ismet Inonu dan Abdul Rozak, Habib Abdullah Bagir bin Ahmad Alatas, Ketua PCNU, Muhtarom, KH Mustofa Bakri, KH Zakaria Anshor, Rektor Unikal, Suryani, Ketua FPI, Abu Ayyash dan sejumlah tokoh lainnya.

Gerakan coklit serentak, akan diawali dengan apel siaga bersama seluruh penyelenggara di Halaman Kantor KPU. Kemudian seluruh petugas PPDP, PPK, PPS dan komisioner KPU akan turun ke lapangan untuk mencoklit masing-masing lima rumah.

Ketua KPU, Basir menjelaskan, gerakan coklit serentak yang dilakukan terhadap tokoh masyarakat tersebut, merupakan satu upaya untuk mensosialisasikan tahapan pemutakhiran data pemilih dan pelaksanaan Pilgub 2018. Diharapkan, para tokoh masyarakat tersebut sekaligus dapat ikut memberikan pesan serta ajakan kepada masyarakat agar turut berpartisipasi mensukseskan Pilgub 2018.

“Dalam gerakan coklit serentak kami dari komisioner KPU juga akan terjun langsung melakukan coklit kepada tokoh-tokoh masyarakat di Kota Pekalongan. Selain mencoklit, kami sekaligus akan meminta tokoh-tokoh tersebut agar mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bersama mensukseskan Pilgub 2018,” tuturnya.

Komisioner KPU, Priyadi Trahutomo menambahkan, masyarakat diminta berperan aktif untuk membantu petugas dalam rangka melakukan pemutakhiran data dengan cara memberikan informasi yang akurat kepada PPDP. “Kami meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam tahapan coklit ini. Mohon masyarakat dapat menerima PPDP dan memberikan informasi maupun data yang selengkap-lengkapnya,” harapnya.

Ia menyatakan, tahapan pemutakhiran data pemilih adalah suatu tahapan yang penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum. Karena daftar pemilih yang valid merupakan basis bagi berbagai perencanaan kegiatan pemilu selanjutnya, khususnya logistlk pemilu. “Sehingga kami mengimbau kepada masyarakat Kota Pekalongan untuk mensukseskan bersama tahapan tersebut,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments