Siap-siap, Pelintas Jalan Jensud Terekam CCTV

by
Doddy Triantoro, Kasat Lantas Polres Batang

*Sistem Tilang Elektronik Segera Diberlakukaan

BATANG – Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) akan dilaunching pada 17 Maret 2021 di Polda Jateng. Kasat Lantas Polres Batang, Doddy Triantoro mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan penerapan sistem tilang elektronik tersebut.

“Rencananya akan dilaunching pada 17 Maret, untuk saat ini Satlantas Polres Batang masih pada tahap persiapan,” ujarnya didampingi Kaur Binops Ipda Danang, kemarin.

Dijelaskan dia, dalam penerapan E-TLE, Satlantas Polres Batang mengikuti petunjuk teknis dari Polda Jateng. “Di Batang baru memiliki satu kamera pengawas yang telah dipasang di simpang empat Jalan Jenderal Sudirman,” bebernya.

Adapun untuk mekanisme penilangan, jelas Doddy, pengguna jalan yang tidak memakai helm, spion dan melebihi marka jalan dan lainnya akan terpantau kamera pengawas melalui layar monitor di Ruang Command Center E-TLE di Satlantas Polres Batang.

“Nomor kendaraan pelanggar lalu lintas akan kita capture melalui layar monitor, lalu dikonfirmasi ke pemiliknya melalui surat, kalau ada pelanggaran kita tindak tilang,” jelasnya.