Terapkan Jogo Tonggo

by
EDUKASI - Sejumlah anggota DPRD Provinsi memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan covid-19.

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat Kota Santri diminta untuk ikut mendukung program pemerintah melalui Jogo Tonggo. Masyarakat juga jangan takut isolasi Mandiri ketika dinyatakan terpapar covid-19. Demikian dikatakan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil 13, Agung Satria usai kegiatan Talkshaw di RKS, akhir pekan kemarin.

Pada kesempatan itu, sejumlah anggota DPRD Provinsi Dapil 13 memberikan eduksi terkait pencegahan penyebaran covid 19 yang masih melanda di tanah air. Melalui sosialisasi maka bisa mengurangi angka atau tingkat penderita virus corona.

Agung Satria menjelaskan salah satu yang perlu dilakukan untuk meminimalisir menyebarnya virus corona yakni warga jangan takut isolasi mandiri. Dalam hal ini, apabila merasa terkena penyakit itu, maka harus mau memberitahukan kepada tetangga terdekat dan lingkungan. Mereka tidak perlu harus mendapat perawatan di rumah sakit atau lainnya apabila kondisi tubuhya kuat, namun perlu isolasi mandiri di rumah.

”Jangan diam saja dan tidak mau memberitahukan kepada tetangga karena malu terkena covid 19. Justru hal itu harus diketahui lingkungan supaya ada pembatasan sehingga penyebarannya bisa diantisipasi,” tegas Agung yang merupakan anggota dewan Provinsi Jateng dari PDI Perjuangan.

Untuk itu, masyarakat diminta dapat menerapkan sistem ”jogo tonggo” sehingga jika ada warganya yang terkena virus corona, maka bisa segera ditindaklanjuti. Di antaranya dengan membantu dan memperhatikan warganya tersebut mengenai kebutuhan sehari-hari, kata dia, jangan malahan diasingkan karena dampaknya tidak baik terhadap warga tersebut.