Vaksinasi Wartawan, Bupati Batang Berharap Dapat Memberikan Perlindungan saat Bertugas

by
Bupati Batang, Wihaji mengecek pelaksaan vaksinasi bagi wartawan di RSUD Kalisari, Kamis (25/02/2021).

BATANG – Para jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Batang, mulai Kamis (25/02/2021) mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal tersebut sesuai komitmen Bupati Batang, Wihaji yang ingin memberikan perlindungan bagi awak media yang berada di garda depan dalam memberikan informasi pada masyarakat,, termasuk terkait Covid-19.

“Rekan-rekan media menjalani vaksinasi di RSUD Kalisari Batang. Sebelumnya, para wartawan yang bertugas di Batang didaftar oleh Diskominfo dan kemudian diteruskan ke Dinas Kesehatan,” ujar Bupati Batang, Wihaji disela-sela peninjauan kegiatan vaksinasi untuk kepala OPD dan juga awak media di RSUD Kalisari, Kamis (25/02/2021).

Bupati Wihaji menjelaskan, para wartawan selama ini dalam bertugas membuat pemberitaan, bersinggungan dengan banyak pihak. Kondisi tersebut membuat jurnalis rentan tertular Covid-19, sehingga perlu mendapat perlindungan kekebalan terhadap virus Corona.

“Alhamdulillah, dari beberapa rekan media yang sudah menjalani vaksin tahap pertama, tidak ada yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (PIKI). Dan semoga proses Vaksinasi ini bisa lancar hingga tahap II mendatang,” jelas Wihaji.

Selain awak media, di tempat yang sama juga dilakukan vaksinasi terhadap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Batang. Dalam kegiatan tersebut, ada kepala OPD yang batal mendapat vaksinasi, dikarenakan adanya penyakit penyerta atau kormobit.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pemkab Batang, Triossy Juniarto menambahkan, untuk wartawan yang telah terdaftar untuk menjalani vaksinasi di RSUD Kalisari ada 10 orang. Mereka berasal dari media cetak, online dan elektronik.

“Sesuai komitmena pak Bupati, hari ini rekan-rekan wartawan mulai menjalani vaksinasi tahap pertama. Dari Kepala Dinas Kesehatan sudah memasukan data jurnalis yang liputan di Batang ke server pusat, sehingga vaksinasi bisa dilakukan hari ini,” beber Triossy.

Triossy menambahkan, untuk Kabupaten Batang sendiri, kegiatan vaksinasi gelombang II yang diperuntukan bagi pelayanan publik sudah mulai dilakukan. Termasuk diantaranya untuk kades dan perangkat desa, para alim ulama dan juga pengasuh pondok pesantren. (don)