Waspada, Hujan Lebat Berpotensi Guyur Batang Hari Ini

by
LANGGANAN BANJIR - Beberapa wilayah di Kecamatan Batang menjadi langganan banjir saat intensitas curah hujan dalam kondisi tinggi.

BATANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah kembali mengingatkan potensi tingginya intensitas curah hujan di sejumlah wilayah di Jateng pada Kamis (25/2/2021) hari ini. Kabupaten Batang masuk dalam daftar status waspada menghadaapi potensi cuaca hari ini.

Hal itu berdasarkan informasi prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Jateng dan DIY yang dirilis di akun instagram @bmkgjateng pada Rabu petang kemarin. Sesuai prakiraan tersebut, ada beberapa kabupaten/kota di Jateng yang mendapatkan status siaga atau waspada.

Dalam daftar daerah yang berstatus siaga ada Kota Pekalongan, Pemalang, Kota Tegal, Brebes, Kendal, Kota Semarang. Sementara untuk daerah yang berstatus waspada, yakni Banjarnegara, Pati, Purbalingga, Kudus, Banyumas, Sragen, Cilacap, Demak, Wonosobo, Batang, Temanggung, Jepara, Grobogan, Magelang, Purworejo, Boyolali, Karanganyar, serta Sukoharjo.

Dikonfirmasi hal ini, Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi mengatakan, prediksi dan peringatan dari BMKG tetap perlu menjadi rujukan penting bagi pemerintah dan masyarakat dalam menyikapi musim hujan tahun ini.

“Selasa kemarin saja kan sempat hujan sebentar menjelang sore, tapi sangat lebat. Artinya, potensi suaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang tetap harus diwaspadai bersama, tingkatkan kesiapsiagaan dini untuk mengurangi risiko bencana,” pesan Ulul. (sef)