Dua Stasiun Pompa Baru Disiapkan

by

*Atasi Banjir Jl Kusuma Bangsa dan JL WR SUpratman

KOTA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan menyiapkan dua stasiun pompa baru yang akan untuk membantu mengatasi banjir di Jl Kusuma Bangsa dan Jl WR Supratman. Dua stasiun pompa tersebut akan ditempatkan masing-masing di Jl Pantaisari, tepatnya di sebelah pura dan satu stasiun pompa lainya ditempatkan di di gang umbul, Kelurahan Panjang Wetan.

“Jadi masalah banjir di Jl Kusuma Bangsa dan Jl WR Supratman itu karena seluruh genangan di wilayah tersebut masuk ke Stasiun Pompa Sipucung. Sehingga beban di sana memang berat. Jadi tahun ini kami siapkan dua stasiun pompa baru khusus untuk memecah beban stasiun pompa Sipucung,” ungkap Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada DPUPR, Khaerudin.

Stasiun pompa pertama, akan ditempatkan di Jl Pantaisari tepatnya di sebelah pura. Di lokasi itu, pihaknya sudah membebaskan tanah seluas 729 meter persegi. Di lokasi itu akan dibangun rumah pompa dan kolam retensi. “Kami sudah alokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk pembangunanya. Tepatnya ada di sebelah timur pura,” jelasnya.

Stasiun pompa kedua, rencananya akan dibangun di gang umbul, Panjang Wetan. Stasiun pompa tersebut akan digunakan untuk menyegat aliran air dari Kandang Ayam, sebelah komplek makam Kerkov, Kelurahan Panjang Wetan. Nantinya, dari lokasi itu akan dibangun saliran melintang ke timur sehingga air dari sana dapat diarahkan ke stasiun pompa baru.

“Dari Kerkov, kami akan buat crossing ke timur menuju stasiun pompa baru untuk mengalirkan air dari selatan. Selama ini air dari sana juga dibuang ke stasiun pompa Sipucung. Sehingga dengan adanya stasiun pompa baru ini maka sebelum mengalir ke Sipucung akan dicegat dan dibuan di stasiun pompa yang baru,” tambahnya.