Cari Solusi Bangkitkan Jiwa Kewirausahaan

oleh -
SILATURAHMI - Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MEK PDM) Kendal dengan menggelar sillaturrahmi I di Gedung Balai Dakwah Muhammadiyah Plantungan.

Menuut Noer Agoes Hidayat bahwa perekonomian di setiap cabang dan ranting mengikuti kultur dan kondisi sosial yang ada, maka perlu adanya pembelajaran khusus, yaitu melalui Sekolah Bisnis Muslim (SBM) yang selama ini dikelola oleh MEK daerah.

“Melalui Sekolah Bisnis Muslim kita bisa mengurai dan mengetahui potensi sesungguhnya yang ada di setiap cabang dan ranting untuk dijadikan pilar ekonomi atau penyangga perekonomian warga ke depan. Tahun ini Sekolah Bisnis Muslim akan kami adakan di Kawedanan Selokaton agar bisa diikuti oleh masyarakat sekitar,” bebernya.

Sementara itu, MEK PCM Plantungan Tamari mengatakan, bahwa di cabangnya usaha ekonomi yang dilakukan oleh warga Muhammadiyah sudah berjalan. Yang sampai saat MEK PCM Plantungan sudah memiliki usaha kecil.

“Yakni angkringan yang mulai berkembang dan budidaya jamur tiram, namun struktur organisasi MEK belum terbentuk,” katanya.

Berbeda halnya, Widi Mulyanta, bahwa saat ini PCM Sukorejo sudah terbentuk struktur organisasi MEK, namun Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang ekonomi belum terwujud secara nyata. (lid)