Senangnya Ibu-ibu Pesalakan Dibekali Ketrampilan Menjahit

by
PELATIHAN - Ibu-ibu Desa Pesalakan Bandar saat mengikuti pelatihan menjahit.

BANDAR – Puluhan ibu-ibu di Desa Pesalakan, Kecamatan Bandar, tampak sumringah, lantaran mulai Senin (22/2/2021) mereka mengikuti pelatihan menjahit. Seperti yang dirasakan Tutiasari, ia senang, karena dengan pelatihan ini ke depan bisa memiliki ketrampilan baru untuk bekal peluang usaha jasa jahit.

“Begitu ada info kegiatan pelatihan saya senang sekali ya. Karena sepertinya lumayan kalau bisa jahit baju sendiri. Dan nantinya juga bisa bersama-sama dengan ibu-ibu lain membuka usaha toko pakaian. Sehingga kita tidak hanya mengurus rumah saja, tapi bisa mendapatkan tambahan uang,” ujarnya.

Pelatihan ini merupakan program Pemdes Pesalakan bekerja sama dengan Disnakertrans Batang. Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan untuk mengelola usaha toko pakaian.

“Pelatihan ini merupakan kolaborasi dari Disnakertrans Batang dan juga Pemdes Pesalakan. Dengan harapan program ini bisa menjadikan para ibu rumah tangga lebih produktif, tak hanya bisa mengurus rumah tangga. Tapi bisa mendapatkan tambahan uang untuk kebutuhan mereka,” ujar Pendamping Kewirausahaan Disnaker Batang, Tatik Setianingsih.

Dijelaskan, dalam pelaksanaannya para peserta diajak mengelola toko pakaian, mulai dari proses produksi dan jahit, hingga pemasaran. Usaha pakaian dipilih karena merupakan kebutuhan primer masyarakat, sehingga potensi usahanya masih terbuka lebar.