Pelajar Dikenalkan Tradisi NU Lewat Makesta

by
JALANI - Para peserta Makesta IPNU-IPPNU perwakilan beberapa ranting di Kecamatan Batang saat menjalani program Makesta

BATANG – Sekitar 100 pelajar anggota IPNU-IPPNU di Kecamatan Batang mengikuti kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Sabtu-Minggu (20-21/02/2021) di SMK Nusantara Batang. Para pelajar yang berasal dari ranting Klidang Wetan, Karangasem Utara, Karangasem Selatan, Proyonaggan Utara dan Proyonaggan Tengah ini dikenalkan tradisi NU dan wawasan ke-NU-an.

“Jadi Makesta ini hukumnya wajib bagi anggota IPNU-IPPNU. Karena merupakan gerbang awal pengkaderan di IPNU-IPPNU. Sehingga nantinya ketika masuk organisasi mereka sudah dibekali pengetahuan. Baik tentang IPNU-IPPNU sendiri, ataupun terkait tradisi dan Amaliah NU, kebangsaan dan lainnya,” tutur Ketua Panitia Kegiatan, Iqbal Hadi Kusuma saat diwawancarai, Senin (22/02/2021).

Dijelaskan, dengan adanya Makesta ini diharapkan mereka bisa mendapatkan pengetahuan tambahan terkait IPNU-IPPNU maupun NU. Sehingga secara tidak langsung mereka juga turut menjaga eksistensi ajaran dan tradisi NU di masyarakat Batang.

Salah satu peserta, Ainun merasa senang dapat belajar wawasan baru. Khususnya terkait IPNU-IPPNU dan NU itu sendiri. Ia berharap ilmu yang didapatkan bisa ia praktekkan dalam kehidupan sehari-hari maupun saat berorganisasi.

“Saya sangat senang dapat ilmu dan wawasan baru. Selain itu juga bisa bersilaturahmi dengan anggota IPNU-IPPNU dari ranting lain. Sehingga ke depannya bisa menambah jalinan kerja sama. Dan bisa sharing pengalaman kegiatan organisasi di ranting masing-masing,” pungkasnya. (nov)