9 Ribu Pedagang Pasar di Batang akan Divaksinasi Covid-19

by
Catat, PAD Parkir Ditarget Rp 1,25 M di 2019
PARKIR - Salah satu lokasi parkir yakni di Pasar Batang yang menyumbang cukup banyak untuk pendapatan rertibusi. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Sebanyak 9 ribu pedagang pasar yang ada di Kabupaten Batang akan diikutkan dalam vaksinasi Covid-19 gelombang II.

Pihak Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM (Disperindagkop dan UKM) saat ini sedang melakukan pendataan sebagai langkah persiapan sebelum pelaksanaan vaksinasi. Data tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk dijadikan dasar pengajuan vaksinasi.

“Untuk pedagang pasar yang akan divaksinasi ada sekitar 9 ribu, dan saat ini tengah dilakukan pendataan, untuk selanjutnya kita serahkan ke Dinas Kesehatan,” ujar Kepala Disperindagkop dan UKM Batang Subiyanto.

Subiyanto menjelaskan, selain melalukan pendataan, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan pihak Dinkes terkait lokasi pelaksaan vaksinasi bagi para pedagang. Pihaknya menyarankan agar vaksinasi bisa dilakukan di lingkungan pasar, agar pedagang tak perlu libur berjualan.

“Vaksinasi untuk pedagang lebih baik diadakan di dalam pasar, karena biasanya pedagang enggan untuk meninggalkan dagangannya. Karena jika ditinggal, mereka tidak bisa melayani pembeli, sehingga bisa mempengaruhi pendapatan,” jelas Subiyanto.

Lebih lanjut dijelaskan, di Kabupaten Batang sendiri ada 15 pasar. Terdiri delapan pasar daerah dan tujuh pasar desa. Sehingga bila dimungkinkan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 15 pasar tersebut.

“Kita juga akan melakukan sosialiasi pada pedagang tentang pentingnya vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Demang pasang. Selain itu, pedagang juga nantinya akan kita minta untuk tetap berjualan dan berada di pasar saat pelaksanaan vaksinasi,” tandas Subiyanto. (don)