Mohammad Azmi Basyir Resmi Jabat Ketua DPRD

by
DIAMBIL SUMPAH - Ketua DPRD Kota Pekalongan. M Azmi Basyir saat diambil sumpah dalam Rapat Paripurna DPRD, Jumat (19/2/2021).

KOTA – Anggota DPRD Kota Pekalongan dari Fraksi Golkar, Mohammad Azmi Basyir, resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Pekalongan sisa masa jabatan 2019-2024. Azmi menjalani prosesi pengambilan sumpah dalam Rapat Paripurna DPRD, Jumat (19/2/2021). Azmi menggantikan ketua DPRD sebelumnya, Balgis Diab, yang mengundurkan diri saat maju dalam Pilwalkot tahun 2020.

Proses pengambilan sumpah diawali dengan pembukaan Rapat Paripurna yang dipimpin Plt Ketua DPRD, Nusron. Selanjutnya, dilakukan proses pengambilan sumpah yang dipandu oleh wakil ketua Pengadilan Negeri Kota Pekalongan. Usai pengambilan sumpah, dilakukan proses penyerahan palu sidang dari Plt Ketua DPRD kepada Ketua DPRD definitif. Rapat Paripurna kemudian dilanjutkan dengan dipimpin oleh Azmi sebagai Ketua DPRD.

Usai prosesi pengambilan sumpah dan penyerahan palu sidang, Azmi diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan sebagai ketua DPRD yang baru. Dalam sambutanya, pria kelahiran 30 tahun itu menyatakan bahwa dirinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan DPRD dengan meneruskan berbagai program kebijakan-kebijakan yang baik dari ketua sebelumnya dan meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan. “Saya juga akan berupaya menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang sampai sekarang belum terselesaikan,” tutur Azmi.

Salah satunya yakni terkait masalah banjir di Kota Pekalongan yang sampai saat ini masih terus terjadi. Dikatakan Azmi, penyelesaian masalah banjir merupakan pekerjaan rumah bersama antara Pemkot Pekalongan, DPRD, dan unsur masyarakat terkait. “Masalah ini akan menjadi perhatian khusus kita semua agar ke depan Kota Pekalongan tidak dikenal sebagai kota air, tapi bisa dikenal sebagai kota yang maju dan sejahtera,” katanya.

Untuk itu, dia menegaskan bahwa DPRD akan terus membangun sinergi dengan Pemkot Pekalongan untuk membenahi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam penanganan masalah tersebut. Dia juga meminta dukungan seluruh jajaran fraksi dan anggota DPRD Kota Pekalongan dalam bersama melaksanakan tugas pokok dan fungsi DPRD ke depan.

“Karena tidak mungkin saya yang baru seumur jagung ini bekerja sendiri tanpa dukungan, bantuan dan saran dari teman-teman DPRD yang lain. Dengan kebersamaan, kita dapat membangun bersama Kota Pekalongan. Sebagai lembaga politik, konflik menjadi hal yang biasa tapi kita memiliki tujuan utama yang sama yaitu untuk mensejahterakan rakyat Kota Pekalongan,” katanya.

Juga kepada masyarakat, dirinya meminta agar senantiasa mengingatkan dirinya jika dalam memimpin lembaga legislatif terdapat sesuatu yang kurang pas terutama dalam pengambilan keputusan. Namun pria yang tengan menempuh program doktoral di Undip tersebut juga meminta agar masyarakat mendukung jika kebijakan DPRD dapat membawa manfaat bagi masyarakat. “Untuk itu saya sebagai ketua DPRD mengajak seluruh anggota DPRD untuk bekerja dan bersinergi dalam menjalankan tugas dan kewajiban DPRD serta menjalankan roda pemerintahan bersama Pemkot Pekalongan,” ucapnya.

Selain meminta dukungan dari sesama anggota DPRD dan juga masyarakat, Azmi juga mengajak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) untuk juga melanjutkan kerja sama yang baik dan sudah terjalin selama ini dalam rangka membangun bersama Kota Pekalongan.

Usai proses pengambilan sumpah dalam Rapat Paripurna, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh peserta Rapat Paripurna.(adv/nul)