Ada Vaksinasi, Disparpora Optimis Pariwisata Akan Membaik

by
KUNJUNGI - Pengunjung Agrowisata Pagilaran saat melihat dan berfoto di salah satu spot wisata.

*Target 1 Juta Pengunjung Bisa Terealisasi

BATANG – Meski di tengah pandemi, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang optimis menargetkan jumlah kunjungan wisata pada tahun 2021 sebanyak satu juta orang. Target ini terbilang turun dari tahun sebelumnya, 1,6 juta wisatawan di tahun 2020. Meski turun, target tahun 2021 ini dianggap realistis lantaran hingga kini Indonesia masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19.

Kepala Disparpora Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada kunjungan wisata yang mengalami penurunan cukup signifikan.

“Secara umum pada tahun 2020 capaian target kita sesuai PAD ada kenaikan targetnya Rp 1,5 Miliar realisasi mencapai Rp 2 Miliar. Untuk kunjungan sendiri ditargetkan 1,6 Juta pengunjung realisasi hanya 700 ribu pengunjung, untuk itu pada tahun ini kami mencoba realistis sehingga target diturunkan menjadi 1 juta pengunjung,” terangnya saat diwawancarai baru-baru ini.

Untuk tahun 2021, pihaknya optimis mampu mencapai target yang telah ditentukan.

“2021 ini kami optimis karena pandemi Covid-19 mendekati akhir dengan adanya vaksinasi, sehingga diharapkan wisata kembali naik,” ujarnya.

Sementara untuk mencapai target tersebut, Disparpora tetap gencar melakukan promosi melalui berbagai kegiatan serta melakukan pembenahan fasilitas di beberapa objek wisata. Pihaknya pun selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan selama berwisata di tengah pandemi, sehingga dapat meminimalisir transmisi Covid-19.

“Meski pandemi, kami tetap terus gencar promosi wisata meskipun dengan beberapa ketentuan yang harus patuh prokes, tahun ini kami maksimalkan melakukan beberapa inovasi di sektor wisata sehingga bisa mencapai target,” pungkasnya.(nov)