Pemkab Tambah Tiga Titik Layanan Vaksinasi

by
dr Muchlasin, Kepala Dinkes Batang

*Terkait Besarnya Jumlah Sasaran Tahap II

BATANG – Jumlah penerima vaksin pada tahap II di Kabupaten Batang direncanakan mencapai angka 23.913. Terjadi peningkatan hampir 10 kali lipat jika dibandingkan sasaran vaksinasi tahap I yang hanya 2.448 orang.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang saat ini tengah mempersiapkan penambahan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di sejumlah titik, agar proses vaksinasi pada pelayan publik dan masyarakat rentan lainnya dapat berjalan maksimal.

Kepala Dinkes Kabupaten Batang, dr Muchlasin mengatakan, bahwa pihaknya akan menyiapkan sedikitnya tiga lokasi tambahan Fasyankes pada vaksinasi tahap II, yang pada sebelumnya sudah terdapat 26 lokasi.

“Pada tahap I, kami menyiapkan 26 Fasyankes di RSUD Batang, RSUD Limpung, RS QIM, 21 Puskesmas, Klinik Pratama Kartika-36, dan Klinik Dokkes Polres Batang. Rencananya, pada tahap II kami akan menyiapkan Klinik Assyifa, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan Gedung PSC 119,” katanya.

Dikatakannya, dengan adanya tiga lokasi tambahan itu, maka Kabupaten Batang memiliki 29 Fasyankes. “Kami bersama Dinkes Provinsi Jawa Tengah juga sedang berupaya menambah Fasyankes lain. Tempat yang mungkin digunakan antara lain Gedung Korpri, Gedung Wanita, GOR Sarengat dan gedung sekolah,” ujarnya.