Tren Adopsi Anak Meningkat

by

*Faktor Ekonomi jadi Pemicu Dominan

BATANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batang mencatat, angka keberminatan masyarakat di wilayah setempat untuk melakukan praktik adopsi dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami peningkatan.

Kepala Dinsos Kabupaten Batang, Joko Tetuko mengatakan, bahwa dari tahun ke tahun, praktik adopsi menunjukkan tren peningkatan.

Di mana pada 2019 hanya ada empat pengajuan adopsi, sedangkan pada 2020 meningkat menjadi 10 pengajuan adopsi resmi. Sedang pada awal 2021 sudah ada tiga pihak yang mengajukan adopsi.

“Jumlah yang saya sebutkan itu yang resmi disetujui, kalau dicampur dengan yang hanya konsultasi, ada di kisaran 20,” ujarnya didampingi Kasi Pelayanan Rehabilitasi Sosial (Rehabsos) Dinsos Kabupaten Batang, Fidiastuti, kemarin.

Ia menyebut, mayoritas proses adopsi di Kabupaten Batang berasal dari hubungan keluarga. Jarang orang mengadopsi dari panti asuhan.

Adapun, kata dia, mayoritas pemohon adopsi untuk mengangkat anak berasal dari lingkungan sanak keluarga yang terjerat kesulitan ekonomi.