TNI Polri dan Komunitas Pekalongan Tanggap Distribusikan Bantuan ke Pabean

by
DISTRIBUSI BANTUAN - TNI Polri bersama Pemkot Pekalongan dan Komunitas Pekalongan Tanggap mendistribusikan bantuan bagi warga terdampak banjir di Pabean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Pekalongan Utara, Minggu (21/2/2021). WAHYU HIDAYAT

KOTA – Pemkot Pekalongan bersama TNI, Polri, dan Komunitas Pekalongan Tanggap mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Pabean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Minggu (21/2/2021) siang.

Hadir menyerahkan bantuan secara langsung ke warga, Wali Kota Pekalongan terpilih HA Afzan Arslan Djunaid, Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, Kapolres Pekalongan Kota AKBP M Irwan Susanto, perwakilan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, BPBD, dan beberapa pengusaha yang tergabung dalam Komunitas Pekalongan Tanggap, serta relawan.

Bantuan yang diberikan antara lain berupa sembako, makanan siap santap, pakaian, obat-obatan, vitamin, dan beberapa barang kebutuhan lainnya.

Dalam pendistribusian ini, rombongan menerjang genangan banjir di wilayah tersebut yang masih setinggi kurang lebih 40 cm. Sementara, logistik bantuan dibawa menggunakan perahu karet.

“Pekalongan Tanggap bersinergi bersama TNI Polri memberikan bantuan kepada warga Pabean yang sampai hari ini masih kebanjiran,” kata Wali Kota terpilih, HA Afzan Arslan Djunaid.

Selain memberikan bantuan, Afzan bersama Dandim, Kapolres, dan rombongan juga meninjau kondisi mesin pompa penyedot air yang terpasang di daerah tersebut.

Menurut Aaf, sapaan akrab Afzan, pompa tersebut sempat dikeluhkan warga karena dikira sudah tidak bisa jalan atau rusak.

“Tetapi ternyata setelah kita survei belum karena pompa itu rusak, tetapi karena situasi dan kondisinya yang memang tidak memungkinkan untuk disedot karena air juga limpas dan eceng gondok luar biasa banyaknya sudah menutupi aliran sungai,” katanya.

“Nanti setelah banjir surut kita merencanakan kerja bakti di situ, semua, dari pemerintah, masyarakat, TNI Polri, Karang Taruna, untuk bersama-sama membersihkan eceng gondok tersebut agar air lancar lagi,” imbuh Aaf.

Sementara, Dandim Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menambahkan bahwa forkopimda dan tokoh masyarakat terus memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga,” jelas Dandim di sela-sela memberikan bantuan kepada warga.

Dandim juga mengimbau kepada warga khususnya para pengungsi agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta meminta kepada Pemkot Pekalongan untuk segera mencari solusi terbaik saat ini dan jangka panjang dalam menangani masalah banjir yang terjadi.

“Kita berharap agar masalah banjir ini segera dicari jalan terbaik untuk penyelesaian dalam jangka pendek maupun jangka panjangnya,” imbuhnya. (way)