Gencarkan Program POPM Lagi, Dinkes Komitmen Basmi Filariasis Sampai Tuntas

by
PAPARAN - Kepala Dinkes Dr Slamet Budiyanto SKM MKes memaparkan rencana Dinkes menggelar program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) dalam acara Rakor di di Ruang Amarta Setda, Kamis(18/2/2021).

“Kami tidak ingin kegagalan POPM untuk ketiga kalinya. Oleh karena itu, harus ada komitmen bersama yang tidak hanya dari jajaran Dinas Kesehatan tetapi seluruh masyarakat baik tokoh agama,tokoh masyarakat bisa membantu mensosialiasikan dan mendukung tercapainya Kota Pekalongan bebas filariasis ini,” tuturnya.

drg Agust menjabarkan bahwa jika masyarakat dampak dari penyakit filariasis ini luar biasa,salah satunya, jika seseorang telah mengalami filariasis, 5-10 tahun mendatang akan mengalami kecacatan yang berpengaruh terhadap produktivitasnya.

“Dampak yang ditimbulkan sangat luas terutama pada status sosial dan ekonomi serta akan berpengaruh langsung terhadap angka kemiskinan di Kota Pekalongan. Hal ini dapat terjadi karena penyakit ini menyebabkan kecacatan sehingga menurunkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Kami mohon komitmen bersama kepada masyarakat untuk ikut mensukseskan program Kota Pekalongan Bebas Filariasis ini,” pungkasnya.(dur)