Terkendala Jaringan Internet, KIM Belum Maksimal

by
RAKOR - Kabid IKP Diskominfo Batang, Puji Setiyowati saat memimpin rakor pengembangan KIM dengan para Sekcam, kemarin.

*Diskominfo Siap Revitalisasi

Batang – Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam penyebarluasan informasi dinilai belum maksimal, meski telah lama dibentuk. Salah satu kendalanya adalah dukungan jaringan internet di beberapa desa yang belum cukup memadai.

Hal itu terungkap saat rapat koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang dengan para Sekretaris Kecamatan (Sekcam) se-Kabupaten Batang terkait pengembangan KIM, Kamis (18/2/2021), di Ruang Analitik Diskominfo.

Perwakilan peserta dari Kecamatan Reban, Sucipto menyampaikan, beberapa desa di Kecamatan Reban untuk sementara ini masih terkendala jaringan, sehingga dikhawatirkan nantinya fungsi KIM di desa tersebut kurang maksimal. Desa Ngadirejo misalnya, kondisi jaringan internet di sana diketahui belum stabil.

“Harapannya, Diskominfo Batang juga turut membantu sarana dan prasarana yang ada, seperti pemasangan jaringan internet agar kendala seperti ini dapat teratasi,” ujar dia.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo, Puji Setiyowati mengakui bahwa peran KIM sejauh ini belum maksimal. Oleh karena itu, Diskominfo Batang berupaya memaksimalkan fungsi KIM dengan melakukan sosialisasi di masing-masing desa.