Rob Tertangani, Banjir Melanda

by
TINJAU BANJIR - Wagub Jateng Taj Yasin didampingi Bupati Asip Kholbihi naik perahu karet meninjau banjir di Desa Pesanggrahan Kecamatan Wonokerto, kemarin sore.

**Banjir Belum Surut, Status Tanggap Darurat Diperpanjang

WONOKERTO – Tanggul raksasa diyakini mampu menanggulangi rob di wilayah pesisir. Namun keberadaan tanggul yang melintang di wilayah pesisir ini ikut memicu banjir besar saat musim hujan ekstrem tahun 2021 ini.

“Dulu warga Wonokerto mengeluhkan rob. Sekarang rob sudah selesai. Ternyata penanggulangan rob itu dampaknya dengan banjir. Sehingga kita memang masih ada tahap untuk pembangunan pembuangan airnya. Jadi nanti ada penyedotan air untuk dibuang ke laut. Itu yang perlu kita pikirkan,” ujar Wakil Gubernur Jawa Tengan Taj Yasin saat meninjau banjir di Desa Pesanggrahan Kecamatan Wonokerto, Kamis (18/2/2021). Wagub sore itu didampingi Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Wabup Arini Harimurti, Pj Sekda Bambang Irianto, Kepala Dinsos Rachmawati, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo.

Dalam kunjungannya itu, ada beberapa tanggul penahan rob dibongkar agar air mengalir ke laut.

“Di sini datarannya lebih tinggi sebenarnya tinggal kita nanti perbesar pompanya. Saat ini pompanya ada yang belum jadi sehingga kemungkinan kita kebut untuk penanggulangan banjirnya,” ujar Taj Yasin.

Pompa yang beroperasi di tanggul Sungai Mrican di Kecamatan Wonokerto ada tiga. Kapasitas pompa itu belum mampu menyedot air dari pemukiman penduduk. Oleh karena itu, kedepan masih akan dilakukan penyempurnaan lagi.