Desember, Kapasitas TPA Mentok

by
MENGGUNUNG - Kondisi TPA Randukuning Kecamatan Kandeman yang menggunung, karena menjadi pembuangan dari 15 kecamatan se Kabupaten Batang.

“Yang pertama, kami mengajukan pinjam lahan milik Perhutani di dua lokasi yaitu Desa Kuripan, Kecamatan Subah, dan Desa Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal. Masing-masinh seluas lima hektar,” ujarnya.

Namun, lanjut Handy, hingga kini pihaknya belum menerima jawaban dari Perhutani.

Kemudian, solusi kedua adalah memanfatkan lahan bengkok di Desa Wonokerso, Kecamatan Limpung seluas 1 hektar dan lahan Pemda di Desa Surjo, Kecamatan Bawang seluas 2,9 hektar. “Target kami pertengahan tahun ini sudah ada lahan TPA baru,” jelasnya.

Dikatakan Handy, terkait kebutuhan TPA di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), pihaknya meminta konsorsium untuk menyediakan lahan TPA sendiri. “Jangan sampai membuang di TPA milik pemerintah,” jelasnya.

Handy pun berharap pada masyarakat Batang untuk melakukan daur ulang limbah plastik, sehingga dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang dibuang ke TPA.

“Saya harap masyarakat bisa lebih bijak mengkonsumsi sampah plastik tidak langsung dibuang ke TPS ataupun TPA, tapi didaur ulang dulu yang lebih bermanfaat menjadi ekobrick. Seperti yang sudah dilakukan PKK Batang, bisa menjadi green house dan sebagainya. (fel)