Desember, Kapasitas TPA Mentok

by
MENGGUNUNG - Kondisi TPA Randukuning Kecamatan Kandeman yang menggunung, karena menjadi pembuangan dari 15 kecamatan se Kabupaten Batang.

*Pemkab Harus Cari Lahan Pengganti

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang mau tak mau harus mencari lahan pengganti untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randukuning. Pasalnya daya tampung TPA satu-satunya di Kabupaten Batang itu maksimal hanya sampai akhir tahun nanti.

Berdasarkan hasil kajian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, kondisi TPA Randukuning sudah mencapai kapasitas maksimal. , bahwa TPA satu satunya di Kabupaten Batang itu hanya bisa menampung sampah hingga tahun ini.

“Ya, TPA Randukuning maksimal bisa menampung sampah hingga akhir tahun 2021 ini saja. Oleh karena itu, saat ini kami sedang mencari lahan TPA baru,” kata Kepala DLH Kabupaten Batang, Akhmad Handy Hakim, kemarin.

Menurut Handy, TPA Randukuning berdiri sejak tahun 1995 dan mempunyai luasan lahan mencapai tiga hektar. “TPA Randukuning merupakan pusat pembuangan sampah dari 15 kecamatan di Batang,” terangnya, didampingi Kasi Persampahan, Lindriyono.

Adapun, kata Handy, jumlah sampah yang dibuang ke TPA Randukuning mencapai 200 ton per harinya, dengan dukungan pengangkut sejumlah 17 armada.

Handy mengatakan, sudah ada dua solusi untuk mengatasi permasalahan TPA Randukuning yang kini telah mencapai kapasitas maksimal itu.