Orang Tua Diminta Disiplinkan Penggunaan Gadget Anak

by
Drs Sabar Mulyono, Sekretaris Disdikbud

BATANG – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dianggap menjadi opsi terbaik di tengah pandemi Covid-19. Dengan PJJ yang berbasis daring, anak juga semakin dekat dengan teknologi. Oleh karenanya, Disdikbud Batang berharap agar orang tua bisa mengawasi anak ketika belajar daring. Terlebih dalam penggunaan smartphone ataupun internet, sehingga anak tidak kecanduan ataupun terkena dampak negatif smartphone.

Sekretaris Disdikbud Batang, Sabar Mulyono berharap orang tua bisa mendisiplinkan anak dalam penggunaan smartphone atau internet. Salah satunya dengan membatasi penggunaan smartphone atau internet hanya di jam-jam belajar saja. Sedangkan untuk jam non pembelajaran bisa diisi dengan kegiatan lainnya.

“Jadi kunci agar anak tidak tergantung dengan internet, smartphone ataupun gadget, orang tua perlu mendisiplinkan anak. Salah satunya orang tua perlu berkomunikasi dengan guru, terkait jadwal pelajaran anak. Sehingga di waktu itulah anak diperbolehkan untuk mengakses internet ataupun gadget yang mendukung pembelajaran daring mereka,” ujarnya.

Dijelaskan Sabar, memang tidak semua orang tua bisa mengawasi anaknya selama pembelajaran di rumah. Meski begitu, dengan menanamkan kedisiplinan penggunaan gadget, anak sudah diajarkan untuk mengatur dan menggunakan waktu mereka untuk kegiatan yang bermanfaat.

“Bisa jadi mereka tidak bisa mengawasi karena secara kompetensi mereka kurang memahami. Dan bisa jadi juga karena faktor kesibukan,” ujarnya.

Jika dimungkinkan, Sabar juga berharap orang tua mampu memberikan opsi anak untuk melaksanakan kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang mereka selama belajar di rumah. Seperti belajar membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah memainkan permainan edukatif, melaksanakan kegiatan literasi, ataupun kegiatan lainnya yang bermanfaat. (nov)