Tangani Banjir Harus Tambah Pintu Air

by
BANJIR - Untuk mengatasi banjir wilayah utara diperlukan penanganan pintu air pada tanggul penahan rob.

KAJEN – Penanggulangan banjir rob melalui pembangunan tanggul ternyata menimbulkan permasalahan baru. Sebab air luapan sungai dan akibat curah hujan tinggi tidak cepat tuntas mengalir ke utara. Untuk itu diperlukan penambahan pintu air di area tanggul.

Demikian diutarakan Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan Catur Ardiansyah kepada sejumlah awak media, Selasa (16/2/2021). Adapun dalam penanganan banjir di wilayah Kota Santri perlu dikomunikasikan lebih lanjut dari Pemda, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Apalagi sebagai anggota DPRD dirinya sebelumnya juga sebagai badan anggaran, sehingga mengetahui secara detail untuk penanganan banjir tersebut.

“Yang penting fokus kami pada saat itu untuk menanggulangi rob, akan tetapi ternyata muncul permasalahan baru terutama ketika intensitas air hujan tinggi. Dengan demikian daerah utara terjadi banjir, dan kebijakan pimpinan maupun anggota DPRD Kabupaten Pekalongan ke depan akan lebih intensif untuk menanggulangi terjadinya banjir di daerah,” terangnya.

Dalam penanggulangan banjir pihaknya sudah komunikasi bahwa di tahun ini ada anggaran pemerintah daerah yaitu untuk normalisasi Sungai meduri. Bahkan tahun kemarin sudah sampai Desa Bebel dan tahun ini juga dilanjut.