Tiga Sekolah Terdampak Bencana Longsor

by
BENCANA- Akibat cuaca ekstrem sejumlah wilayah di dataran tinggi terkena bencana tanah longsor.

**Dindik Usulkan Anggaran Rehab Sekolah

KAJEN – Tiga bangunan Sekolah di Kecamatan Kandangserang dan Paninggaran terdampak bencana tanah longsor. Atas kondisi itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan mengusulkan perbaikan bangunan Sekolah.

Hal itu dibenarkan Kabid Sarana dan Prasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Susan Apriliyan ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/02/2021). Kata dia, ketiga Sekolah terdampak bencana longsor yakni Desa Sukoharjo, Kecamatan Kandangserang, Desa Lumeneng dan Kaliombo, Kecamatan Paninggaran. Tanah longsor di sekitar Sekolah tersebut diakibatkan adanya curah hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah sekitar.

Diungkapkan Susan, dengan adanya bencana hingga mengenai bangunan sekolah maka Dinas Pendidikan mengusulkan anggaran untuk rehab atau perbaikan.

”Kami mengusulkan supaya tahun 2021 ini segera diperbaiki, meskipun sekarang tidak ada proses belajar mengajar di sekolah,” terangnya.

Diteragkan, Dindik telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD, DPU dan Perkim untuk meninjau dan melakukan penanganan dadurat terhadap gedung yang rusak. Bangunan yang longsor ditutup dengan terpal dengan tujuan air tidak masuk ke dalam. Dengan demikian, bisa mengurangi potensi adanya longsor susulan.