Jalan Penghubung Antar Kabupaten Ambles

by
BUKA TUTUP JALAN - Jalan penghubung Kabupaten kendal dan Kabupaten Temanggung berada di Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pegeruyung, ambles hingga 80 sentimeter. Warga bahu membahu membantu buka tutup penguna jalan.

*Curah Hujan Tinggi

KENDAL – Jalan penghubung Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung berada di Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pegeruyung, ambles hingga 80 sentimeter. Akibatnya jalur provinsi penghubung dua kabupaten tersebut nyaris terputus. Amblesnya jalan sepanjang 15 meter itu membuat warga melakukan sistim buka tutup membantu para pengguna jalan yang melintas agar tak terjadi kemacetan panjang.

Sejumlah jajaran kepolisian setempat turun tangan bersama warga untuk membantu buka tutup jalan hingga kerusakan diperbaiki. Petugas pun mengimbau kepada pengendara yang hendak melintas dari arah Weleri menuju Sukorejo – Temanggung atau sebaliknya, tetap waspada dan hati-hati saat berkendara.

Informasi dari salah seorang warga, Hamdan (42) mengatakan, jalan provinsi antar kabupaten itu mengalami retak pada, Senin (8/2/2021) silam. Penyebabnya adalah curah hujan tinggi hingga membuat tebing di sisi luar jalan longsor. Sehingga tanah dan aspal jalan bergerak hingga retak sepanjang 15 meter.

“Sebeleumnya memang sudah retak karena hujan deras. Sudah ditambal Dinas dan juga dibuat penahan longsor agar tanah tidak bergerak,” katanya, Minggu (14/2/2021).

Menurut Hamdan, usai ditambal, jalan bisa dilalui kembali. Namun, selang satu hari setelahnya, kerusakan jalan semakin parah. Sepanjang 15 meter badan jalan ambles hingga 60-80 sentimeter. Bahkan material amblesan separo badan jalan. Sehingga tinggal satu lajur saja yang bisa dilalui oleh kendaraan. Pondasi penahan longsor tidak cukup kuat karena hujan cukup deras mengguyur wilayah sekitar dalam beberapa hari terakhir.