Gerak Cepat, Pemkab Bangun Tanggul Pengaman di Tebing Jalan yang Longsor

by
Bupati bersama Dandim dan Kapolres mengecek proses pembuatan tanggul pengaman di tebing jalan.

Batang – Untuk mencegah terjadinya longsor pada badan jalan di Dukuh Keradenan, Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Pemkab Batang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) bergerak cepat dengan membuat tanggul pengaman.

Tanggul tersebut juga berguna untuk mencegah kembali terjadinya longsor pada tebing jalan yang berada persis di rumah warga.

“Tebing jalan ini mengalami longsor, dan menimpa rumah warga yang ada di bawahnya. Untuk mencegah agar longsor tidak meluas, dan mengamankan rumah warga, maka untuk sementara kita buat tanggul atau tebing pengamanan terlebih dahulu,” ujar Bupati Batang, Wihaji disela-sela kunjungan kerja ke Dukuh Keradenan, Desa Gerlang, Kamis (11/02/2021).

Bupati Wihaji mengatakan, saat ini masih dilakukan tindakan darurat pembersihan puing-puing longsoran, dan pembuatan tebing pengaman di belakang rumah agar tidak terjadi longsor susulan. Tebing tersebut nantinya akan dibuat permanen berbarengan dengan pelebaran jalan Bandar-Gerlang yang akan dikerjakan tahun ini.

“Tahun ini, sudah dianggarankan untuk perbaikan dari Jalan Bandar hingga Gerlang yang nilainya mencapai Rp7 miliar. Nantinya akan kita ambilkan anggaran dari kegiatan tersebut untuk perbaikan tebing jalan yang longsor,” jelas Bupati didampingi Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka.

Bupati berharap bulan Juli tahun ini DPU PR sudah mulai pengerjaan pelebaran Jalan Bandar-Gerlang. “Insyaallah pelebaran jalan akan dikerjakan tahun ini, sehingga nantinya badan jalan yang ambles ataupun longsor bisa ikut diperbaiki,” harap Wihaji.

Wihaji menambahkan, untuk korban rumah roboh yang terkena longsoran tebing jalan akan dibantu melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun, pihak desa juga diharapkan bisa ikut membantu secara swadaya agar perbaikan rumah warga yang rusak bisa diperbaiki secepatnya.

Pada kesempatan itu, Bupati beserta Dandim dan Kapolres juga menyerahkan bantuan untuk meringankan beban pemilik rumah yang mengalami kerusakan akibat tertimpa tebing jalan.

Sementara itu, Margono (50) pemilik rumah yang terkena longsor tebing sangat mengapresiasi kepedulian Pemkab Batang.

“Saya masih susah tapi alhamdulilah senang, karena mendapat bantuan dari Bapak Bupati, dan Bapak Wakil Bupati Batang Suyono kemarin juga sudah menyambangi kami,” tandas Margono. (don)