Pengungsi Korban Banjir Dicek Kesehatan

by
CEK KESEHATAN - Anggota Urkes Polres Pekalongan melakukan pengecekan terhadap pengungsi banjir di Pantura.

KAJEN – Untuk memastikan kondisi pengungsi dalam kondisi sehat, Polres Pekalongan Selasa (09/02/2021) melakukan pengecekan secara gratis. Sebab pengungsi banjir rawan akan serangan berbagai penyakit.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan, Polres Pekalongan menerjunkan Tim Urkes di pemukiman banjir, terutama bagi warga yang mengungsi. Adapun pelayanan ini dilakukan di dua tempat, yakni di halaman Masjid Baitusalam Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan Wisma penginapan PT Lokatex Siwalan.

Pada kesemjpatan itu, Paurkes Aipda Juli Purwantoro mengatakan, pelayanan bakti Kesehatan dilaksanakan melalui pengobatan masal. Kemudian karena banjir saat ini di tengah pandemi maka dilakukan pembagian masker, memberikan sabun cuci tangan/piring.
“Petugas juga melakukan pengecekan kesehatan makanan yang akan dibagikan kepada pengungsi serta penyuluhan kesehatan. Selain itu juga dilaksanakan pengecekan Kesehatan kepada petugas yang membantu korban banjir,” katanya.

Adapun saat pelaksanaannya, Aipda Juli menyampaikan bahwa pengungsi baik di Masjid Babussalam dan Wisma penginapan PT Lokatex mempunyai keluhan kesehatan seperti batuk pilek. Adapula mulai timbul gatal-gatal, sakit kepala, hipertensi dan juga diare.

“Untuk jumlah pengungsi yang mengalami keluhan dan mendapatkan pengobatan ada sebanyak 52 orang. Selain diberikan obat warga juga diberikan vitamin,” lanjutnya.

Dengan diadakannya kegiatan bakti kesehatan tersebut diharapkan masyarakat yang menjadi korban banjir tetap dalam keadaan sehat. Terhindar dari penyakit dan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga pengungsi bisa kembali kerumah masing masing dan berkumpul bersama keluarga dalam kondisi sehat. (Yon)