Relokasi Solusi Ideal Untuk Simonet

by
INGIN DIRELOKASI - Warga Simonet ingin secepatnya direlokasi ke tempat yang lebih aman dari ancaman abrasi dan banjir.

KAJEN – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menilai relokasi merupakan solusi ideal untuk mengatasi persoalan abrasi dan banjir rob di Dukuh Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto.

“Dulu kita sudah memerintahkan pemdes untuk melakukan pendataan, sekaligus sudah kita carikan lokasi relokasi. Memang jawaban paling ideal untuk kasus Simonet adalah relokasi,” ujar Bupati Asip Kholbihi saat ditanya pemecahan persoalan di Simonet, kemarin.

Dikatakan, pada awal usulan relokasi dilontarkan pemkab, pro dan kontra di kalangan masayarakat masih ada. Namun, kata dia, pro kontra itu sekarang tidak ada lagi. Semua warga setempat setuju untuk direlokasi.

“Sekarang secara umum mereka siap pindah tetapi disediakan rumahnya,” kata Bupati.

Pemkab Pekalongan, lanjut Bupati, sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui PUPR, untuk meminta bantuan perumahan nelayan. “Karena itu kan warga nelayan yang direlokasi. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” harap Asip.

Secara prinsip, ujar dia, persiapan untuk relokasi sudah dimulai oleh Pemkab Pekalongan. Lahan untuk relokasi masih di sekitar Desa Semut. “Masih dalam satu desa,” ungkapnya.

Disinggung target relokasi, ia mengatakan, sebenarnya target sudah dimulai tahun 2020 lalu. Namun karena satu dan lain hal jadi mundur. “Tapi ini sudah cukup mendesak. Nanti kalau memang kondisinya sudah sangat memprihatinkan, mereka bisa mengungsi dulu sambil menunggu realisasi. Tapi secara prinsip pemkab sudah memiliki grand desain untuk relokasi,” ujar Bupati.